Agribisnis buah naga

Sebelum membahas lebih jauh tentang peluang agribisnis buah naga ini, alangkah baiknya jika kita mengetahui seluk beluk buah naga ini. Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia termasuk Indonesia.

MACAM-MACAM BUAH NAGA

• Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih
• Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah dan
• Selenicereus megalanthus dengan kulit buah kuning dan daging buah putih
• Hylocereus costaricensis, buah naga daging super merah.

MORFOLOGI

Morfologi tanaman buah naga terdiri dari akar, batang, duri dan bunga serta buah. Akar buah naga hanyalah akar serabut yang berkembang di dalam tanah di batang atas sebagai akar gantung. Akar tumbuh di sepanjang batang di bagian punggung sirip di sudut batang. Di bagian duri muncul ini akan tumbuh bunga yang bentuknya mirip bunga Wijayakusuma. Bunga yang tidak rontok berkembang menjadi buah. Buah naga bentuknya bulat agak lonjong seukuran dengan buah alpukat. Kulit buahnya berwarna merah menyala untuk jenis buah naga putih dan merah, berwarna merah gelap untuk buah naga hitam dan berwarna kuning untuk buah naga kuning. Di sekujur kulit dipenuhi dengan jumbai-jumbai yang dianalogikan dengan sisik seekor naga. Oleh sebab itu, buah ini disebut buah naga. Batangnya berbentuk segitiga, durinya pendek sekali dan tidak mencolok, sampai mereka dianggap “kaktus tak berduri”. Bunganya mekar mulai senja, kalau kuncup bunga sudah sepanjang 30 cm.

CARA MENANAM BUAH NAGA

1. Pilih batang yang sudah tua, dan sebaiknya yang sudah pernah berbuah. Atau, pilih yang bentuk batangnya mengarah ke atas. Lalu tancapkan di media tanam.
2. Jika ingin menanamnya dalam pot, masukkan campuran media tanam yang terdiri dari tanah, pupuk, dan pasir, masing-masing berbanding satu (1:1:1). Pasir bisa diganti sekam bakar. Namun, jika tanahnya sudah porous, tak perlu pasir lagi.
3. Gunakan alat khusus untuk mengetes tingkat pH (asam dan basa) tanah.
4. Pilih penyangga besi untuk menahan batangnya agar tak terlalu melengkung ke bawah.
5. Di masa vegetatif, akan muncul cabang-cabang baru yang sehat, berbentuk runcing, dan ujungnya berwarna kemerahan. Buang batang-batang yang tumbuh dari bawah, karena tak ada gunanya.
6. Berikan pupuk pertama saat baru saja ditanam. Pemupukan kedua dilakukan setelah 6 bulan sejak ditanam, atau menjelang musim panen. Pemupukan ketiga, berikan setelah musim panen usai. Beri pupuk dalam dosis ½ -nya, dengan jangka waktu agak sering.
7. Sebaiknya, korek dulu sekitar media tanamnya lalu beri pupuk di sekelilingnya. Maksudnya, agar ketika hujan datang, pupuk tak ikut larut dengan air hujan. Jika media tanamanya digali dan masih berwarna hitam, artinya masih ada sisa pupuk lama di sana.

PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN BUAH NAGA
Perawatan tanaman buah naga mutlak diperlukan jika menginginkan berhasil dalam budidaya buah naga. Perawatan yang perlu dilakukan untuk tanaman buah naga meliputi hal-hal berikut :

1. Penyiraman tanaman

Penyiraman harus sesuai dengan kebutuhan tanaman, serta memperhatikan waktu penyiraman. Pada masa awal penanaman, penyiraman bisa dilakukan pada pagi dan sore hari. Jika penanaman dilakukan pada musim kemarau, kebutuhan penyiraman tiap hari menjadi mutlak diperlukan. Tetapi pada musim penghujan, frekuensi penyiraman bisa dikurangi tergantung curah hujan. Ketika curah hujan tinggi, jangan melakukan penyiraman.

2. Pemberian pupuk

Salah satu perawatan yang harus dilakukan pada tanaman buah naga adalah pemupukan. Mengenali sifat pupuk sangat penting dalam hubungan kebutuhan pupuk bagi tanaman buah naga. Dengan demikian bisa diketahuai pada setiap tahap pertumbuhan tanaman jenis pupuk apa yang dibutuhkan. Unsur nitrogen (N) dibutuhkan dalam jumlah yang lebih besar pada awal masa pertumbuhan tanaman yakni sejak tanaman muda hingga menjelang berbunga dan berbuah. Ketika tanaman buah naga mendekati masa berbunga tanaman banyak membutuhkan pupuk dengan kandungan fosfor (P) dan kalium (K) yang tinggi. Pemupukan harus dilakukan secara berkala sehingga dapat terpenuhi respon yang cepat dari pertumbuhan buah naga.

3. Pengaturan percabangan

Pengaturan cabang bertujuan untuk mengatur pembuahan dan untuk menjaga kesehatan tanaman. Pengaturan percabangan ini dilakukan dengan cara pemangkasan cabang dan tunas bakal cabang. Sebaiknya pemangkasan dilakukan pada bakal cabang yang masih dalam bentuk tunas. Karena luka bekas pemangkasan tunas cabang tidak akan membahayakan bagi kesehatan tanaman. Cabang boleh saja dipelihara jika tumbuh pada ujung atas cabang, itupun jumlahnya harus dibatasi. Maksudnya agar pertumbuhan menjadi optimal. Pengaturan cabang yang baik dengan pola 1-3-5. Artinya, 1 batang utama, 3 cabang pertama, dan 5 cabang kedua. Buah hanya boleh muncul pada cabang kedua, jumlahnyapun dibatasi. Biarkan tumbuh 15 buah saja. Dengan asumsi tiap cabang menghasilkan 3 buah.

MANFAAT BUAH NAGA

1. Buah naga kaya dengan potasium, ferum, protein, serat, sodium dan kalsium yang baik untuk kesehatan dibandingkan dengan buah import lainnya.
2. Kaya dengan berbagai zat vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan daya tahan dan mengurangi metabolisma tubuh.
3. Buah naga sangat baik untuk sistem peredaran darah, mengurangi tekanan emosi dan meneutralkan toksik dalam darah.
4. Mencegah kanser usus, selain mencegah kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah menurunkan kadar lemak dalam tubuh.
5. Mengandung protein yang mampu mengurangi metabolisma badan dan menjaga kesehatan jantung; serat (menjaga tubuh dari kanker usus, kencing manis dan diet); karotin (untuk kesehatan mata, menguatkan otak dan tahan terhadap beberapa penyakit); kalsium (menguatkan tulang) dan fosferos (pertumbuhan badan).
6. Buah naga juga mengandungi zat besi untuk menambah darah; vitamin B1 (menjaga panas tubuh); vitamin B2 (menambah selera makan); vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol) dan vitamin C (menambah kehalusan kulit serta mencegah jerawat).

PELUANG AGRIBISNIS BUAH NAGA

Buah naga (Dragon Fruit) mungkin masih terdengar awam di telinga masyarakat, karena pada tahun 2001 buah ini hanya ada di Israel, Australia, Thailand dan Vietnam, tetapi sekarang sudah mulai merambah pasaran Indonesia.

Buah naga yang berasal dari jenis tanaman rumpun kaltes ini berasal dari Israel, dan terus dikembangkan di Australia, Thailand dan Vietnam. Pasar lokal saat ini dibanjiri produk ekspor. Berdasarkan catatan dari eksportir buah di Indonesia, buah naga ini masuk ke tanah air mencapai antara 200 – 400 ton/tahun asal Thailand dan Vietnam.

Untuk pengembangan agribisnis buah naga ini sangat sesuai dengan iklim dan keadaan tekstur tanah di Indonesia. Komoditas ini mempunyai prospek yang cerah untuk peluang ekspor dan pasarnya masih terbuka lebar dan memiliki potensi yang sangat baik dikembangkan di Indonesia.

Berdasarkan beberapa sumber, buah naga belum banyak dibudidayakan di Indonesia, sementara ini data yang diperoleh baru daerah : Mojokerto, Jember, Malang, Pasuruan, Bayuwangi, dan Kulon Progo. Dengan luas areal masing-masing tidak lebih dari 3 ha. Mengingat masih banyaknya peluang membudidayakan buah naga ini, tentunya akan menjadi peluang agribisnis yang menjanjikan bagi para petani Indonesia. Dengan membudidayakan buah naga ini, diharapkan petani indonesia akan mampu mengekspor ke luar negeri sehingga buah naga akan menjadi komoditas yang patut diunggulkan di tanah air. Mari.. petani indonesia, kita tingkatkan terus komoditas buah naga ini, karena budidaya buah naga merupakan peluang agribisnis yang menjanjikan.

Sumber Referensi:
http://wikipedia.org
http://andipati.wordpress.com
http://www.trubus-online.co.id
http://default.tabloidnova.com
http://deka.buahnaga.us

Sumber Gambar: http://www.visitbatam.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s